Menjelang tahun ajaran baru, berbagai kesibukan mulai tampak terjadi. Kesibukan karena mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk memasuki sekolah baru, ujian naik kelas, ujian nasional bahkan persiapan tes masuk perguruan tinggi idaman.

Hari-hari ini pihak sekolah terutama yang tingkat SMA/MA/SMK sibuk menggelar Try Out (TO) ujian akhir sekolah berbasis komputer dan pra ujian nasional. Dengan mengoptimalkan laboratorium komputer milik sekolah, mereka mewajibkan seluruh siswa yang duduk di kelas tiga atau kelas XII untuk mengikuti TO.

Terget diadakan kegiatan tersebut tentu saja untuk membekali siswa dalam menguasai teknis saat menjawab soal ujian melalui perangkat komputer secara daring. Dengan membiasakan diri menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), mereka akan semakin percaya diri dan berpengalaman dalam menghadapi ujian yang sebenarnya nanti di bulan April 2019.

Setelah mereka lulus dari sekolah menengah atas, maka tentu saja melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kuliah di perguruan tinggi yang diidam-idamkan merupakan keinginan setiap siswa. Terutama target mereka adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama dan program studi favorit.

Berdasarkan data Ketua Panitia Pusat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Profesor Ravik Karsidi mengatakan jumlah pendaftar SBMPTN tahun 2018 mencapai 817.257 peserta yang terdiri atas 326.137 kelompok ujian Saintek, 341.693 untuk kelompok ujian Soshum, dan sebanyak 149.427 untuk kelompok ujian Campuran. Jumlah tersebut meningkat dari dari tahun 2017.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *